Pesta Seafood

Pesta Seafood ceritanya. Jadi week end kemarin saya pergi ke Pangandaran. Tau sih, pantainya udah ga seasyik dulu, ga sebersih dulu dan makin lama makin rame terus. Tapi ada satu hal yang perlu saya kerjain disana jadi pergilah saya, menempuh 5-6 jam perjalanan.

Berangkat kira-kira jam 4.30 pagi, saya tiba di Pangandaran sekitaran jam 10an. Cuaca cukup baik dan ombak bersahabat, saya langsung nyebrang ke Pasir Putih yang nggak terlalu rame.

Pantai Pangandaran memang tidak semenyenangkan dulu. Pantai Baratnya terlalu penuh banyak orang, mengakibatkan sampah nggak terkendali, di gulungan ombak aja kita bisa lihat banyak sampah ikut tergulung.

Denger-denger Pantai di Batu Karas lebih menyenangkan, saya kemarin nggak sempet kesana sih.

Tapi kalo soal makanan, terutama Sea Food, Pangandaran adalah Surga. Dengan catatan menemukan tempat yang cocok🙂

Malam hari saya pergi ke Pasar Ikan, area Pantai Timur jalan lagi sedikit. Pasar Ikan itu kompleks tempat makan gitu, pilihan makanannya jelas berkisar di Sea Food, toko satu dan lain menjual makanan yang sama. Ada beberapa tempat yang penuh banget, tapi ada juga yang kosong blas.

Saya memilih Restoran Risma. Pertimbangannya, Risma ini punya 2 cabang di Bandung, satu di Jl. Setiabudhi deket Columbia Yoghurt, dari Borma naik lagi sedikit, datu lagi di daerah lembang. Kalo udah bisa buka di Bandung, makanannya tentu terpercaya ya kan ?

Kepiting Saos Padang

Saya nggak salah pilih. Seafood nya beneran segar dan cukup banyak pilihannya. Ada Kepiting, ada Rajungan. Saya pilih Kepiting yang dimasak dengan Saos Padang. Ga terlalu pedes, tapi enak. Daging Kepitingnya sendiri fresh banget dan gurih sampe ke dalem-dalem. Harganya Rp. 120.000 per kilo. Bisa beli per ekor, nanti ditimbang aja jadi berapa kilo. Porsi diatas kira-kira 80 ribuan waktu itu.

Cumi Goreng Tepung

Menu kedua yang saya pesan, Cumi Goreng Tepung. Saya sebetulnya nggak terlalu suka Cumi. Tapi yang satu ini, tepungnya enak. Kriuk kriuk nikmat🙂 Harganya sekitaran 40 ribuan.

Udang Bakar

Yang paling saya incar memang Udang Bakar nya. Ada beberapa macam Udang disana, termasuk Lobster. Yang saya pesan, Udang Peci dengan ukuran sedang. Harganya Rp. 80.000 sekilo. Saya pesan 6 ons kira2. Si Lobster harganya sekitaran Rp. 250.000 per porsi.

Kangkung Cha

Makan Sea Food memang enak diimbangi dengan sayur. Kangkung Cha jadi pilihan kami malam itu. Pilihan lainnya, ada Oseng Genjer dan Oseng Pakis. Harganya sekitaran 20.000 per porsi. Kangkungnya enak juga, bumbunya ga macem2, saya sih suka.

Besok siangnya saya makan di tempat makan Rasa Sayang. Posisinya ada di Jalan Kidang Pananjung, posisinya tusuk sate dari jejeran Hotel besar seperti Pantai Indah, Sunrise, dll.

Di tempat ini, saya nemu Kepiting Soka. Alias jenis Kepiting yang ukuranya nggak bisa besar,  kecil terus. Kepiting ini nggak perlu dimasak dalam keadaan hidup, bisa dibekukan di freezer duluan. Saya pernah liat dijual mentah di Riau Junction sih kalo mau coba masak.

Karena kecil dan kulitnya lunak, Kepiting ini bisa digoreng dengan kulitnya dan dimakan dengan kulitnya juga. Dimasaknya bisa 2 macam, dengan Telor Asin dan satu lagi asam manis kalo ga salah.

 

Kepiting Soka

Ini dia Kepiting Soka nya, saya order yang dimasak dengan Telor Asin. Beneran worth it dengan harganya yang Rp. 50.000 per porsi (isinya kira2 3 ekor)


Bawal Bakar

Menu kedua, saya pesan Bawal Bakar. Cuma dibakar kecap tanpa saos macam-macam, sangat Sea Food rasanya🙂. Harganya 30 ribuan untuk ikan ukuran setengah kiloan.

Capcay Goreng

Ragam sayuran di Rasa Sayang lebih banyak, ada Toge Ikan Asin, Capcay Goreng/Kuah, Kangkung Cah dan ada juga Puyunghai yang menggoda sekali untuk dipesan. Tapi akhirnya kita pesan Capcay Goreng, rasanya biasa aja nggak gimana2 amat. Bukannya nggak enak juga sih🙂

Sebetulnya ada 1 lagi menu yang saya pesan, tapi maaf ga kefoto, saking semangat makan🙂. Jadi saya pesan Ikan Kakap Merah, di goreng tepung. Saya sebetulnya kurang suka, rasanya kurang SeaFood gitu, ternyata enak ! aaaaah, mau lagiii…..🙂

Kapan ya Pesta Seafood lagi😀

2 thoughts on “Pesta Seafood

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s