Makan Apa Di Balikpapan Sampe Derawan

Asik ada postingan lagi. Ngga usah kamu yang baca, sini yang nulis aja seneng kok kalau punya bahan tulisan baru (sebenernya bahannya banyak tapi nggak sempet nulis aja sih).

Jadi, minggu lalu saya main-main ke Balikpapan dan Derawan lanjut ke Sangalaki, Maratua, Kakaban, dan Gusung. Makanannya sih memang cuma dinikmati di Balikpapan dan Derawan karena waktu island hopping ke pulau-pulau lain kan emang ga ada yang jual makanan, jadi kita bawa nasi box dari Derawan.

Saya nyampe Balikpapan menjelang makan siang. Pas banget. Sama yang nganter, kita diajak ke yang namanya Kebun Sayur. Kebayang ngga sih kayak apa tempatnya? Kalau ngebayangin kita akan makan di kebun, weits salah banget. Kebun Sayur ini lebih menyerupai pasar yang lengkap antara yang jual makanan dengan yang jual aneka accesories dan batik khas Kalimantan Timur.

Hasrat untuk makan Ikan Bakar pupus ketika Ikannya dimana-mana habis, padahal baru jam 13.30 waktu itu. Sempat mau pindah tempat cari makanan lain sampai pelayan kedai makanan melintas depan kita bawa Ayam Bakar. Lah, Ayam Bakarnya menarik banget dan sambalnya super menggoda. Jadilah kita duduk dan pesan Ayam Bakar plus Soto Banjar. Yang namanya Soto Banjar ini memang sudah saya incar sejak masih di pesawat, pasalnya majalah Citilink waktu itu membahas soal Soto Banjar khas Kalimantan ini. Pesanlah sudah. Pas saya pesan pake nasi, ibu penjualnya agak mengerutkan kening, ternyata yang namanya Soto Banjar ini sudah lengkap dengan Ketupat. Ah ya pantes aja, dikira gembul kali.

Sore menjelang maghrib, kita nyoba makan yang namanya Bubur Samarinda. Iya, di Balikpapan makannya Bubur Samarinda. Anggap aja kayak makan Kupat Tahu Singaparna di Bandung. Ini gara-gara celetukan temen di Path, katanya kalau ke Balikpapan mesti nyoba Bubur Samarinda. Okelah mari kita cari.

Nemu Bubur Samarinda yang katanya paling enak se-Balikpapan, adanya di sekitaran Tugu Sari, tepatnya Jalan A. Yani. Yang namanya Bubur Samarinda ternyata Bubur yang disiram kuah semacam kuah Soto. Lengkap pake potongan Telur Rebus, Ati Ampela, dan Ayam. Makannya pake Kerupuk Udang dan dikasih perasan Jeruk Nipis. Rasanya? Asli nendang.

Bubur Ayam Samarinda

Bubur Ayam Samarinda

Porsinya besar banget, jadi ini pesen setengah porsi dengan perkiraan kan nanti malem mau makan Kepiting, ahey. Ternyata emang setengah porsi udah pas banget sih. Biyan aja doyan banget nih.

IMG_7481Ga tau persis harga makanan diatas, soalnya dibayarin melulu, Tapi secara garis besar, makan berlima untuk Ayam Bakar dan Soto Banjar abis sekitar 160ribuan. dan Bubur Ayam Samarinda berlima juga sekitar 95ribuan. Masuk akal banget kan ya.

Katanya ga afdol ke Balikpapan kalau ga makan Kepiting, maka malem itu, beneran malem-malem, sekitar jam 11 kita menuju ke Ocean’s, salah satu resto seafood yang terkenal banget di Balikpapan. Saran saya, kalau mau coba makan disini, datanglah sore-sore sebelum matahari terbenam, pasalnya, restoran ini posisinya di sisi laut, spot yang pas buat nongkrongin sunset. Suara ombak berdebur-deburnya juga bikin makan Sea Food tambah asik.

Liat menunya, bikin pengen pesan semua. Tapi masa iya dipesan semua kan ya, Akhirnya ini nih pesenan kita ; Kepiting Saus Padang, Kepiting Telor Asin, Brokoli Bawang Putih, Ikan Baronang Bakar, Cumi Goreng Tepung, lengkap pake Sambal Dabu-Dabu dan Sambal Matah.

Sayang banget ga kebagian udang karena abis katanya. Kepiting Saus Padangnya one of the best I have ever tried, Kepitingnya beneran gendut-gendut dan Saos Padangnya beneran enak sampe Brokoli nya aja dicolek colek Saus Padang. Biyan suka banget Kepiting Telor Asinnya, bumbunya emang pas banget. Baronang Bakarnya dibakar pas, kulitnya kering, dagingnya masih putih bersih, Saya langsung ngefans sama Sambal Dabu-Dabunya. Sambal Matahnya keburu habis tak bersisa sebelum difoto, hehe. Harga? memang ngga terlalu murah, tapi mahal juga engga. Makanan sekian plus minuman-minuman abisnya 700 ribuan, makan berenam ya masing-masing 100 ribu sekian. Masih ok kan untuk menu makanan sebegini? Apalagi kalau datengnya sore-sore itu tadi, sambil menikmati sunset, ih sedap.

Ok sekarang soal makanan di Derawan. Karena di pulau, tentu saja makanan yang paling umum adalah seafood. dari Ikan, Cumi, dan Udang. Sayangnya kami nggak kebagian Udang Ronggeng yang katanya enak banget. Nggak kebagian juga Udang Sungai yang beberapa kali kami lihat di menu. Jadi 3 malem di Derawan, kurang lebih makanan kami seperti ini,

Tempat makan yang saya saran sih Tyrta, ini spanduknya.

IMG_8023

Karena Sambelnya enak banget pake tomat muda😀. Dan Ikan Kakapnya lebih enak daripada yang di foto atas ini (sampe lupa ga kefoto). Ikan Kakap segede gambreng diatas kita makan di Ira Sari. Potongan Ikan Kakapnya gede dan tebal banget.

Soal harga, emang ga terlalu murah sih, seporsi Cumi / Udang Tepung harganya 50 ribuan, Kakap besar tadi satu porsinya 75ribu,

Kalau di Derawan, jangan lupa makan Jagung Bakar, Jagungnya manis banget dan butirannya kecil-kecil. Enak dimakan sore-sore menjelang malam sambil nyeruput teh manis.

Jagung Bakar 8ribuan

Jagung Bakar 8ribuan

Soal makan pagi, jangan khawatir, di Derawan bertebaran yang jualan Nasi Kuning. Ada yang pake Mie, Serundeng, Ikan, Ayam, dll. Tinggal pilih aja, harganya sekitar 10-15ribu,

Mulai jam 8.30 pagi kamu bisa juga makan Gado Gado ala Derawan ini, harganya 15 ribu juga udah pake ketupat. Kalo di Bandung ini lebih kayak Kangkung Petis sih, saya suka banget sampe pas mau pulang sempeting bungkus lagi buat makan di jalan.

Gado Gado, katanya.

Gado Gado, katanya.

Kalau bosen makan Ikan dll, jangan khawatir juga, banyak tukang Indomie di Derawan🙂

Oh, pas balik lagi ke Balikpapan, kita sempetin makan (dan bungkus Kepiting bawa pulang) di Dandito. Kebetulan ada waktu 3 jam di bandara, dan Dandito ini punya cabang di Bandara Sepinggan. Yay banget kan ?

Harga makanan diatas plus 5 juice adalah 500ribuan sekian. Kalau mau bawa pulang, Kepiting Telor dan Kepiting Supernya dihargai 130rb per 2 ekor. Packingnya rapi, ada dus dan masuk plastik buat dibawa ke kabin aman kok.

Jadi kapan gitu kita kemana lagi cari makan enak yuk?

One thought on “Makan Apa Di Balikpapan Sampe Derawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s