Makan Apa di Cirebon?

Menjawab pertanyaan di atas, jawabnya : ya banyaklah.

Cirebon memang kaya sama makanan enak. Setiap ke Cirebon, tujuan utama saya memang cuma satu : cari makan enak. Entah karena makanannya memang enak banget, worth the 4 hours journey, atau karena nggak ada lagi yang bisa dikerjain di Cirebon selain makan. Antara itu dua deh pokoknya.

1. Yang pertama perlu dimakan ketika tiba di Cirebon adalah Nasi Lengko. Di Bandung, biasanya saya makan di Warung Lotek Mahmud, atau bikin sendiri di rumah. Setelah makan Nasi Lengko ‘beneran’ di Cirebon, jadi agak males. Pengennya makan yang di Cirebon langsung (baca : pengen jalan-jalan) Di tempat yang sama, pesanlah juga Sate Kambing yang rasanya juara ini. Aroma bakaran Satenya memang menggoda iman. Buat lidah saya agak kurang nyambung makan Nasi Lengko bareng dengan Sate Kambing. Beresin dulu satu-satulah, habiskan dulu sepiring Nasi Lengko, baru comot Nasi Putih sedikit di piring baru untuk dinikmati bersama Sate Kambingnya.

 

2. Yang kedua, Mie Koclok. Sebagai penggemar berat Mie Kocok, tadinya saya kira ini misspelled atau Mie Kocok yang diadaptasi. Eh ternyata salah. Salah berat pula. MIe Koclok yang ada di Cirebon ini lebih mirip MIe Celor yang ada di Palembang. Bedanya, Mie Celor Palembang kan pake Udang, nah Mie Koclok ini lebih sederhana, beneran isinya cuma Mie, Toge dan potongan Bawang Daun. Saya sih suka banget. Sebagai catatan, saya makan Mie Koclok ini persis sehabis melahap Nasi Lengko dan Sate Kambing itu tadi. Gembul memang, maapin ajalah.

 

3. Atas nama perlunya cuci mulut, mampirlah ke toko manisan Sinta. Yang doyan asinan segala rupa, pasti seneng kemari. Cemilannya banyak banget, apa aja ada. Di bagian depannya juga ada jajanan seru macam Es Duren dll, pantang dilewatkan.

 

4. Sebagai penggemar Seafood, pantang melewatkan Sea Food yang katanya paling enak se-Cirebon, Seafood H Moel. Carinya ga susah pula, cabangnya banyak, cari aja yang mana yang paling dekat lokasimu saat itu. Udang Bakar Madunya juara, ga pernah cukup  1 porsi. Kepiting Hot Ladynya juga, agak pedes aja dikit. Menurut Biyan, Cumi Goreng Tepungnya enak banget. Well, kesimpulannya sih SEMUA ENAK dan harganya sangat masuk akal. Makan berlima dengan segala macem dipesan menghasilkan bill sebesar Rp. 400 ribu ajah.

 

5. Selagi di Cirebon, jangan lewatkan yang namanya Nasi Jamblang. Namanya juga makanan khas Cirebon, ya dimana-mana ada. Yang katanya enak sih Nasi Jamblang Bu Nur, udah coba, dan yes beneran enak. Katanya lagi, Nasi Jamblang yang bisa ditemui di Pelabuhan pagi2 ini enak juga. Maka minus mandi, meluncurlah kami kesana. Ada di Jl. Yos Sudarso, gampang carinya.

 

6. Nggak afdol kalo ke Cirebon nggak makan Empal Gentong toh? Dan di tempat jualan Empal Gentong biasanya ada Empal Asem. Bedanya? Kalau Empal gentong kan pake santan, nah Empal Asem ini kuahnya bening-bening segar, pake irisan Tomat, ih saya yang baru pertama kali nyoba waktu itu langsung jadi penggemar, Nggak kelewat pesen lagi Sate Kambing Muda dong.

7. Yang hobby makan Tahu Gejrot, ya harus coba Tahu Gejrot asli dari Cirebon dong ya. Mas yang foto-foto di bawah ini seru banget motretin proses pembuatan Tahu Gejrot dari awal sampe lupa makan.

Mas, makan dulu Mas.

Mas, makan dulu Mas.

Jadi, Cirebon ini memang menyenangkan buat makan makan, jajan jajan lucu. Harganya juga murah banget apalagi kalau kamu biasa jajan di Jakarta. Agenda selama 2 hari memang beneran full sama makan. Wisata Kuliner? Bukan, kalo kita sih judulnya ‘nyari makan enak’ aja.

Jadi kapan dong kita janjian makan di Cirebon?

One thought on “Makan Apa di Cirebon?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s