Makan Apaan di Bali?

Sebelumnya saya memang belum pernah nulis soal makanan di Bali. Tahun ini saya cukup sering bolak-balik ke Bali dengan berbagai alasan, alhasil, directory makanan pun bertambah karena tiap ke Bali saya suka pengen nyoba makanan yang baru dan belum pernah. Tapi tentu saja ada satu dua tempat makan yang harus saya kunjungi setiap ke Bali, nggak pernah absen, dan nggak pernah never. *garing*

Yang sudah pasti saya hampiri setiap ke Bali adalah Warung Ikan Bakar Mami. Kamu mungkin doyan makan seafood di tempat secantik restoran di Jimbaran. Tapi buat saya, Ikan dan Udang Bakar memang Mami inilah juaranya. Coba intip, menunya hanya 3 macam saja : Ikan, Udang dan Kerang. Masaknya juga nggak macam-macam, cuma ada satu pilihan : dibakar (ini namanya ga ada pilihan, Neng). Yang istimewa dari Warung Ikan Bakar Mami selain makanannya yang selalu fresh adalah temen makannya, coba deh liat, ada Sambel Matah, Kecap Cengek, Sambel Terasi, Acar Timun + Bawang, dan Bawang Putih yang digoreng! Condiment paling juara sejagad Bali.

Tempat makannya emang beneran biasa banget ya, jangan ngarep tempat yang bagus dan adem. Warungnya bener-bener sekedarnya, panas dan gerah. Mejanya ga sampe 10, kalau dateng pas rame, yang sabar aja nunggu pesenan ya. Posisinya ga susah dicari, Jl Raya Uluwatu 2 No 30X. Kalau mau kesana, baiknya telepon dulu, karena kalau lagi ada upacara ahama, warung ini suka tutup. No teleponnya : 08123620051, you’re welcome. Soal harga, bakal bikin kamu nyengir kesenengan. Untuk pesanan satu Ikan Bakar, dua porsi Udang Bakar dan satu porsi Kerang, cukup 240 ribu aja. Itu udah ditambah 3 nasi dan 8 botol teh botol beserta kawan-kawannya.

Selain Ikan Bakar Mami, di 2 kunjungan terakhir saya ke Bali saya lagi doyan makan di Eatwell. Posisinya ada di Jl. Raya Basangkasa daerah Seminyak. Carinya gampang, dari Jalan Sunset Road arah dari Simpang Dewa Ruci, ada tempat makan namanya Babi Guling Pak Malen, nah belok ke kiri dari situ, lalu langsung belok kiri lagi. Ini namanya Jl. Raya Basangkasa, cari aja tempat namanya Eatwell, ada sebelah kiri.

Eatwell menjual berbagai menu perihal steak. Ada yang Beef & Chicken, ada juga yang Pork. Yang saya suka selama bolak-balik kesitu adalah Crispy Pork Belly, Pork Chop, dan Super Steak. Yang perlu dicatat, Potato Gratin nya might be the best I’ve ever had, ga bohong.

Urusan daging, Eatwell ini memang jagoan, bener-bener fresh, potongan dagingnya juara, dan harganya sangat masuk akal. Satu porsi Super Steak itu kalo ga salah seratus ribu aja, lengkap dengan Potato Gratin nya yang enak banget itu. Crispy Pork Belly nya malah cuma 40ribuan. Suka deh makan disini.

Babi Guling Pak Malem yang ada di Jl. Sunset Road sebrang Jl. Mertanadi juga jadi favorit saya. Rasanya bahkan lebih enak dibanding Babi Guling lain yang namanya lebih terkenal. Harganya 45 ribuan per porsi,

Babi Guling Pak Malen

Babi Guling Pak Malen

Apalagi ya…..

Oh ini, ada tempat makan yang kayaknya lumayan baru di sekitaran Seminyak, namanya Sisterfields. Carinya gampang, ada di Jl. Kayu Jati, itu lho, jalan yang ada di sebelah Seminyak Square. Sisterfields ini bukanya cuma jam 7 pagi sampe jam 5 sore. Jadi jangan arep pengen dinner disini ya.

Sisterfields

Sisterfields

Makan apa di Sisterfields? Ada Taco, Sandwich, Toast, dan saya pesan Pork Belly + Thai Salad. Minumnya Kopi dan Orange Juice. (kopinya bukan saya yang minum, psssst).

Waktu itu sih saya ke Sisterfields untuk sarapan ya, jadi nggak nyoba suasana makan siang. Tapi sarapan aja penuh deh, suasananya menyenangkan. Harganya untuk 2 minuman dan 2 main course kira-kira 240 ribuan. Ga murah-murah amat, memang.

Ngomong-ngomong tempat sarapan, saya juga sempet sarapan di La Lucciola. Posisinya ada di antara jalan Kayu Aya dan Kayu Jati, di sisi pantai, kamu bisa parkir di halaman parkir pura yang besar itu, lalu cari aja La Lucciola sekitar situ. Seingat saya memang ga ada board namanya. Pakailah ilmu “mending nanya daripada abis waktu muter-muter”.

Sarapan di La Lucciola artinya breakfast with a view. Gimana engga, ngadepnya langsung ke pantai dan ada hamparan rumput luas persis depan kita makan. Makanannya sendiri enak, walaupun saya suka bosen kalo breakfast western melulu ya. Waktu itu kita pesan Bacon + Scrambled Egg + Toast, Pancake dan Stirred Mushroom. Minumnya ga jauh-jauh dari Ice Tea dan Juice. Harganya kira-kita 150ribu per orang.

MAKAN APA LAGI DI BALI?

Tenang, masih ada🙂

Di Jl. Batu Belig adalah sebuah cafe namanya Watercress. Kayaknya sih masih baru dan orang-orang seneng mampir kesitu. Menu breakfastnya seperti yang lain-lain, menu makan siangnya istimewa karena bentuknya prasmanan bisa pilih sendiri. Menu dinnernya ga sempet ngintip,  coba deh mampir ke websitenya aja.

Lagi seneng nemu-nemu warung makan yang lucu-lucu, maka saya seneng banget waktu nemu Warung Cahaya di Jl. Dewi Sri, Nakula ini.

Selain menu-menu diatas, Warung Cahaya juga jualan Ayam Asam Manis, Mie Goreng dll sih. Pas nyoba Babi Goreng Sambel Matahnya, saya doyan banget. Lebih doyan lagi pas bayar, cuma 25 ribuan. Makan berlima total cuma 150ribuan. Laffff🙂

Oh ya, kalau kamu bawa anak kecil, Salty’s Seagull di Jl. Petitenget bisa jadi pilihan nongkrong deh. Tempatnya luas, ada kebunnya, anak-anak bisa lari-lari, ada pula meja pingpong, pokoknya kalau mau ngobrol asik sama temen sembari anak-anak asik juga, disinilah tempatnya.

Masih banyak sih tempat makan di Bali yang jadi favorit saya, misalnya Lello Lello Gelato Bar ini :

Salted Caramel Gelato

Salted Caramel Gelato

Selain itu, saya juga suka nongkrong di jendelanya Chicken Run, jajan Grilled Chicken yang enak banget itu. Kalau ga terburu-buru, kadang saya bungkus juga ayamnya buat bawa pulang ke Bandung, sedaps. Kalau mau nyoba, cari aja di Jl Sunset Road, deket-deket Jl. Kunti situ.

Chicken Run

Chicken Run

Ngomong-ngomong soal Jl. Kunti, ada satu restoran kesukaan saya disitu : Warung Italia. Menu Itali nya di prasmanan, jadi gampang pilihnya Lyonaise Potatonya juara, menu lainnya juga asik. Kalau mau coba menu ala carte nya, kamu bisa nyoba Sea Food Spaghetti, endes luar biasa.

Hih postingannya panjang dan fotonya banyaaaak🙂

Jadi kapan kita berburu makanan enak di Bali bareng-bareng?

13 thoughts on “Makan Apaan di Bali?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s