7 Tempat Makan Asik di Jogja

Cari makan di Jogja berarti 3 hal buat saya : enak, murah dan ada dimana-mana. Nggak selalu tentang Mie Godog atau Gudeg, makanan di Jogja memang berlimpah macamnya. Ini 7 makanan rekomendasi Surga Makan di Jogja.

1. Sate Seturan

Kamu mungkin bertanya kenapa di Jogja kok makan Sate, kan di Bandung juga banyak. Sate yang khas dari Jogja (selain Sate Klathak yang sohor itu) adalah Sate Gorengnya. Di Sate Seturan, saya nemu Sate Goreng yang enak banget! Ada Ayam dan Kambing, tinggal pilih sesuai selera.

Sate Goreng Kambing

Sate Goreng Kambing

Selain Sate Gorengnya, Sate Seturan juga terkenal dengan Sate Bakarnya dong ya, sama kayak Sate Goreng, ada yang Kambing dan ada yang Ayam.

The Glorious Sate Seturan

The Glorious Sate Seturan

IMG_9125

Sate Bakar Kambing

Sate Bakar Kambing

Teman makan Sate ya Gule atau Tongseng kan ya. Waktu ke Seturan kemarin, Gulenya pas lagi abis tapi kita tentu saja pesan Tongseng!

IMG_9134

Tongseng Kambing

Soal rasa, Sate Seturan sih nggak perlu diragukan lagi memang. Pas bayar, tambah happy aja. Makan bersepuluh cuma Rp. 200.000🙂. Harga per porsinya kira-kira 20 ribuan aja.

Jalan Seturan ini memang bisa dibilang surganya makanan enak. Dari ujung satu ke ujung satunya lagi, berjejerlah makanan-makanan enak yang menggoda untuk dicoba satu-satu.

Mau coba mampir? Cek lokasinya disini ya :

Screen Shot 2015-05-11 at 8.48.45 AM

2. Gudeg Ceker Sedep Raos

Pertama kali menemukan Gudeg Ceker ini di Jalan Seturan dulu waktu mereka jualan di kaki lima. Belakangan mereka pindah ke Jalan Gejayan dengan tempat yang lebih nyaman. Selain Gudeg Ceker saya juga suka makan Nasi Liwetnya.

IMG_5223

IMG_5224

Cekernya memang istimewa, rasanya sedap dan empuk!

3. Nasi Pecel depan Pasar Beringharjo

Tempat ini touristy sekali memang. Pasar beringharjo buat saya bukan cuma perihal belanja Batik karena di depannya berjejerlah yang jualan Nasi Pecel lengkap dengan temen makannya ; Tahu dan Tempe Bacem, Tempe Mendoan, Bakwan, Sate Telor Puyuh dan lain-lain.

Ini mungkin bukan Nasi Pecel paling enak se-Jogja sih. Tapi suasana makan berdesak-desakan dan panas-panasan ini memang bikin acara makan tambah seru kan ya.

Selagi di sekitaran situ, boleh juga nih nyoba Sate Ayu yang ada di samping pasar, yang jualan banyak, pilih aja salah satu. Ini ga bohong, Satenya enak banget!

Sate Ayu!

Sate Ayu!

Makan di Pasar Beringharjo memang nggak ngajak miskin. Makan Nasi Pecel berempat dengan pake nyomot-nyomot segala macem cuma 40 ribu aja. Kenyang bahagia ini sih namanya.

4. Kupat Tahu Magelang

Agak mingser dikit dari Jogja, saya akhirnya nyoba yang namanya Kupat Tahu Magelang. Sebagai penggemar Kupat Tahu, tentu saja penasaran. Nggak sempet browsing dan cari Kupat Tahu yang katanya paling enak, saya random aja berhenti di Jalan Raya Magelang, dari komplek Candi Borobudur belok kanan, posisinya sebelum kita sampe ke Candi Mendut.

Yang namanya Kupat Tahu Magelang ini kayaknya ga pake Kacang deh. Atau kalau pake pun Kacangnya kali sedikit, sampe ga kerasa. Saya suka karena pake Kol/Kubis dan karena Sambelnya langsung dari rawit yang diulek di piringnya. Harganya Rp. 7000 aja per porsi. Enaknya kebangetan.

IMG_9026

5. Lokal Restaurant

Jogja kelihatannya sekarang lagi banyak cafe/coffee shop/restaurant yang berdandan asik. Lokal adalah salah satunya. Selain resto, ada juga hotelnya yang cakep berat. Soal hotelnya nanti saya akan cerita di postingan lain. Sekarang cerita soal restonya dulu ya.

Yang selalu saya pesan setiap ke Lokal adalah Snack Platternya. Ada Calamari, Chicken Wings dan Bakwan IMG_9360

Snack Platter

Snack Platter

Kemarin saya coba Grilled Chicken-nya, oh ini sungguh sangat recommended sekali. Mana harganya cuma 26 ribu aja.

Grilled Chicken

Grilled Chicken

Lokal memang tempat yang instagram material banget. Semua sudutnya asik dipake buat foto-foto.

6. Via Via Jogja

Via Via ini ada di Jl Prawirotaman no 30. Jalan ini memang seru ditelusuri dari ujung sampe ujung, berjejerlah kafe-kafe kecil yang rasanya pengen dicoba satu-satu. Soal Via Via sendiri udah saya tulis lengkap disini ya. Kalau mau ngerasain Jogja rasa Canggu, mampir deh

Via Via

Via Via

7. Milas

Masih di sekitaran Prawirotaman, terseliplah tempat makan asik ini. Milas khusus menjual makanan vegetarian. Dan buat sebuah resto vegetarian, menunya cukup banyak dan enak. Tempatnya juga asik buat duduk-duduk sore sampe terkantuk-kantuk.

Milas Cafe

Milas Cafe

Menu makanannya beragam, intip deh

Di Milas, bukan cuma makanan dan tempatnya yang asik, tapi ada juga pojok jualan berbagai macam accesorries. Bikin pengen belanja jadinya.

Di Milas juga saya sempet bawa pulang Apple Pie, eh enak juga.

Ada yang mau nambahin list 7 tempat makan asik di Jogja ini? Yuk?

10 thoughts on “7 Tempat Makan Asik di Jogja

  1. Ahhhh jadi kangen Jogja deh. Emang di Jogja ini makanan murah2 bikin nganga apalagi buat saya yang anak Kalimantan haha. Sate satenya bakal dicatat semua deh😀

  2. Lokal Restaurant lagi ngehits tuh, emang enak2 sih makanannya, satu tambahan lagi yang bisa dicoba, Kalimilk di Jl. Kaliurang deket UGM, asik tempatnya, menu utamanya berbagai minuman berbahan dasar susu sapi segar, nyummi…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s