Kayak Pengantin, di Palembang Makannya Ala Munggahan

Sebagai orang Bandung, setiap kali mendengar kata ‘munggahan’, saya tentu saja teringat tentang tradisi kumpul-kumpul keluarga sebelum ibadah puasa dimulai.

Tapi di Palembang, ‘munggahan’ ternyata mempunyai arti yang sangat berbeda.

Jadi artinya apaan dong?

Munggahan menurut adat istiadat Palembang adalah acara prosesi pra pernikahan yang dilakukan untuk menyambut pengantin pria bersama keluarganya oleh pengantin wanita, juga bersama keluarganya. Dalam prosesi ini, pengantin pria diberikan air putih dan dikalungkan bunga di lehernya oleh ibu pengantin wanita sebagai tanda bahwa kehadirannya diterima dengan tangan terbuka oleh seluruh keluarga besar pengantin wanita.

Acara munggahan ini tentu saja diwarnai dengan hidangan khas. Ketika saya dan teman-teman travel blogger berkunjung ke Palembang beberapa hari lalu, kami beruntung banget punya kesempatan disuguhi menu-menu yang menggugah selera ini. Intip lah yuk kami makan apa saja disana.

Menu munggahan yang pertama kami temui di restoran Lembaga, Jl. Sultan Moh. Mansyur. Di sana kami duduk lesehan di atas karpet, mengelilingi makanan yang sudah disiapkan.

Mengintip menu, yang satu ini namanya Nasi Minyak. Rasa dan teksturnya mirip-miriplah dengan Nasi Kebuli, gurih-gurih gimana gitu.

 

VLFW8943

Di sekeliling Nasi Minyak ini ada Ayam bumbu Kecap, Kambing, Tumis Buncis, Sate Ikan dalam bentuk Pepes, Sambal dan Asinan Kedondong.

Asinannya dimaksudkan buat pencuci mulut tapi enak juga ternyata dimakan bareng Nasi Minyaknya, untuk mengimbangi rasa Nasi yang cukup ‘berat’. Sementara juara malam itu adalah Sambalnya. Saking enak, saya kelihatannya menghabiskan jatah Sambal untuk 2 orang malam itu. Mules dikit sih biasa diabaikan lah :))

Kali kedua kami bertemu lagi dengan hidangan khas munggahan adalah di Kampung Arab Al Munawar yang berlokasi di kawasan 13 Ulu. Kali ini suasananya lebih hangat dan meriah karena hidangan istimewa ini kami nikmati di salah satu rumah penduduk.

Bentuk penyajian menunya masih sama, ada Nasi Arab di tengah (seorang Bapak yang kami temui disana bersikeras bahwa nasi ini disebut Nasi Arab dan bukan Nasi Minyak), dan ada beberapa lauk pauk mengelilingi nasi ini.

IMG_7714

 

Kita intip satu-satu lah menunya yukπŸ™‚

Ada Sambal, Gado-gado, Acar, Nasi Arab, Ayam dan Kambing. Sama seperti yang di lembaga, Sambal di Kampung Al Munawar ini juga nikmat luar biasa. Acarnya juga, pas mengimbangi lauk yang rasanya tajam-tajam ini. Gado-gadonya tidak beda jauh dengan yang biasa saya temui di Bandung. Yang paling istimewa dari hidangan siang itu adalah olahan Daging Kambingnya yang sama sekali nggak berbau dan dagingnya yang lembut. Sampai rasanya nggak perlu digigit, dagingnya lumer begitu aja di mulut. Oh sedapnya.

Menu-menu di atas ini memang menu istimewa-nya Palembang, seperti udah diceritain di atas tadi, menu ini ‘keluar’ di acara munggahan, ritual pra pernikahan sesuai adat Palembang.

Kalau kamu pergi ke Palembang dan ingin coba makan menu munggahan kayak gini, coba hubungi aja Catering dan Resto Lembaga di No Tlp : 0711441264, siapa tahu walau bukan untuk munggahan beneran, mereka bisa menyajikannya. Atau lebih baik lagi, siapa tahu ada teman yang akan menikah dengan adat Palembang, bisalah kamu mencicip sekalian menu istimewa iniπŸ™‚

Berencana ke Palembang? Kenapa nggak menjadwalkannya 9 Maret nanti? Karena Palembang adalah salah satu kota di Indonesia yang akan mengalami Gerhana Matahari Total. Disbudpar Sumatera Selatan bahkan sudah menjadwalkan Festival Gerhana Matahari Total 9 Maret nanti akan digelar di Jembatan Ampera, icon kebanggaan kota Palembang yang fotogenik itu. Kalau kamu suka motret dan ingin mendapat foto solar eclipse, pertimbangkan Palembang untuk jadi pilihanmu.πŸ™‚

15 thoughts on “Kayak Pengantin, di Palembang Makannya Ala Munggahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s