Sarapan Merangsang di Palembang

Sebelum pergi ke Palembang ketiga kalinya kemarin, saya nggak pernah tau kalau sarapan di sana memang bisa dibilang sangat merangsang! Kalau sebelum-sebelumnya saya biasanya sarapan di hotel, kali ini atas undangan Dispar bersama rekan-rekan travel blogger saya kemudian menyusuri berbagai makanan enak yang biasanya menjadi menu sarapan di Palembang.

Makan apa kita pagi-pagi?

Salah satu lokasi tujuan sarapan kita adalah Pasar Kuto, tepatnya Warung Aba di mana tersedia aneka makanan sarapan ala Palembang. Warung Aba ini dimiliki oleh keluarga keturunan Arab yang sudah menetap lama di Palembang.

IMG_7377.JPG

Menunya banyak kan? (dan tetep selalu ada Pempek tentunya).

Mari kita intip-intip menu lainnya :

IMG_7372

Yang ini namanya Burgo, isinya adonan tepung beras yang kemudian disiram kuah kari.

IMG_7365.JPG

Yang ini namanya Celimpungan, adonannya terbuat dari tepung sagu dan campuran ikan. Kuahnya masih sama, kuah kari yang ditaburi bawang goreng.

IMG_7367

Yang ini namanya Laksan (bukan Laksa, ya), bentuknya kriting-kriting menyerupai Mie, adonannya terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan.

IMG_7362.JPG

Nah ini Burgo yang baru saja disiram kuah kari panas-panas. Semua makanan di atas bisa ditambah potongan rawit kalau kamu penggila pedas (seperti saya).

IMG_7364

Di Warung Aba Pasar Kuto inilah saya menemukan makanan favorit sepanjang masa : Ketan Bumbu Serundeng! Bedanya, di Palembang ketannya berwarna kuning dan rasanya lebih gurih dibanding yang biasa saya makan di Bandung. Serundengnya berwarna gelap dan harum. Rasanya nggak cukup makan satu biji. Ada juga Ketan yang ditaburi Kelapa, baik Ketan dan Kelapanya sama-sama berwarna putih. Nggak kalah enak walau Ketan Bumbu Serundeng berwarna kuning ini tetap jadi favorit saya.

IMG_7382

Nah yang ini sih baru sekali saya makan. Dan langsung suka! Ini Martabak Kentang, namanya. Tentu saja isinya Kentang dan kulit luarnya adalah kulit Martabak. Saya sampe ngajak Tika untuk paroan, maklum ceritanya masih kenyang, tapi abis sama Tika kemudian saya ngajak Firsta, Yuki juga Mas Bolang paroan juga jadi kalau dihitung-hitung sih makannya lebih dari 2 biji. Siapa tadi yang bilang kenyang? Pertamanya makan tanpa cocol-cocolan, tapi pas dikasi tau ini biasanya dicocol ke kuah cuko, wuaaaah tambah enak ternyata! Saya langsung bertekad, kalau satu waktu nanti saya ke Palembang lagi, Martabak Kentang ini harus ada di list!

Liriklah dulu wajah bahagia ini setelah sarapan full karbo di Warung Aba :

 

FullSizeRender

Sarapan kedua yang nggak boleh kamu lewatkan di Palembang adalah Mie Celor!

Mie Celor ini adalah menu khas Palembang yang saya suka banget. Campurannya ada Mie (yaeyalah), Tauge, potongan Telor, plus kuahnya yang gurih banget.

IMG_7622

Sebelumnya saya udah makan Mie Celor di hotel. Tapi makan di tempat aslinya tentu lebih ajib kan rasanya ya. Kalau kapan-kapan kamu ke Palembang dan ingin coba Mie Celor yang saya makan ini, silakan langsung ke Mie Celor HM Syafei ya, kelihatannya mereka punya beberapa cabang. Oh dan faktor penting pas makan Mie Celor adalah Emping dan Sambal. Makin banyak makin sedap!

DSC03096

(foto dari Firsta)

Muka happy sama muka kenyang memang beda tipis.

9 Maret nanti adalah waktu yang paling tepat kalau kamu mau berkunjung ke Palembang. Kenapa? Karena Palembang adalah salah satu kota yang akan dilewati Gerhana Matahari Total. Lokasi dari Festival Gerhana Matahari Total ini adalah di Jembatan Ampera mulai Pk. 06.00-10.00. Jembatan ini iconic banget pula, pasti akan jadi foto yang luar biasa kalau kamu pergi kesana.

Yuk kita ke Palembang?

20 thoughts on “Sarapan Merangsang di Palembang

  1. Setelah baca postingan pempek di Tika terus baca postingan sarapan disini, bener2 langsung lapar maksimal pagi2 bangun tidur ini 😁 Sluruupable semua foto2nya😍 pengen jilatin layar rasanya

Leave a Reply

