12 Jawaban Untuk Pertanyaan “Ngopi di Bandung yang Enak di mana ya?”

Dulu, pertanyaan yang sering diajukan pada saya adalah “makan Baso yang enak di Bandung di mana ya?” atau “makanan Sunda di Bandung yang recommended apa ya?”.

Setahun belakangan pertanyaan-pertanyaan ini mulai berubah.

Pertanyaan yang paling sering saya dengar belakangan ini adalah “ngopi di Bandung di mana yang enak ya?”. Karenanya saya merasa perlu membuat list ini. Bukan apa-apa, soalnya saya sendiri juga sering lupa kalau ditanya ngopi yang enak di mana.

Sebagai disclaimer, saya suka minum kopi tapi nggak ahli menilai kopi mana yang enak dan kopi mana yang biasa aja. Jadi list di bawah ini adalah ‘ngopi yang enak’ secara general ya, artinya tempatnya enak dan kopinya minimal nggak malu-maluin

  1. Tempat mungil berpintu biru – Blue Doors

Blue Doors adalah salah satu tempat yang paling sering saya rekomendasikan sama orang yang nanyain di mana ngopi yang enak di Bandung.

photo 1

Alasannya banyak : lokasinya strategis, kopinya ok, tempatnya nyaman, dan ada beberapa menu makanan yang enak misalnya lasagna & cinnamon roll.

IMG_1793.JPG

Lokasi persisnya ada di Jl. Gandapura no 61. Pelan-pelan menyetirnya, soalnya plang namanya tidak terlalu besar, hati-hati terlewat. Paling gampang cari saja toko interior, nah Blue Doors ini ada di bagian paviliunnya. Dari depan terlihat kursi-kursi biru di balik kawat yang menutupi area outdoornya. Kalau cuaca nggak terlalu panas, saya lebih suka duduk di depan daripada di dalam. Dengan catatan, tidak lagi hujan juga. Mau intip Instagramnya? Silakan –> @blue_doors

2. Ngopi di gudang : Kozi Lab

Saking sukanya saya sama tempat ini, saya pernah khusus menulis satu postingan blog untuknya. Tempatnya ada di Jl. Gudang Selatan no 22. Carinya harus sabar. Tapi jangan khawatir, selalu ada orang yang bisa ditanya di sana. Yang jelas, sama seperti judulnya, Kozi Lab ini terletak di dalam sebuah (bekas) gudang. Tapi begitu duduk di dalamnya ya ngggak terasa seperti di gudang kok. Sesuai namanya, suasananya ya cozy aja!

IMG_4616

Kozi juga cocok buat kamu yang suka foto-foto di coffeeshop. Walaupun ruangannya tak terlalu besar, tapi semua sudutnya instagrammable.

IMG_5615

Begitu saya posting di Instagram dulu, banyak sekali yang tanya “waaa! ini di mana?”.

IMG_6582

IMG_4614

Kalau penasaran pengen tau kayak apa bentukannya, silakan lho mampir ke Instagramnya : @kozi.lab . Sesuai tag line nya, they serve a great coffee experience.

3. Menyepi di Cottonwood 

Cottonwood adalah pilihan utama saya kalau saya perlu duduk membuka laptop dan mengerjakan sesuatu yang penting.Walau tak selalu sepi, entah kenapa karakteristik tamunya Cottonwood bisa dibilang selalu duduk diam-diam, ngobrol pelan-pelan tanpa berisik. Mungkin desain interior yang manis bikin orang bisa lebih manis? : ))

IMG_5933

Tempatnya nyaman, tidak terlalu jauh dari rumah (ini pertimbangan yang subjektif memang), kopinya ok dan kalau duduknya cukup lama kemudian lapar, selalu ada makanan lezat yang bisa dipesan misalnya Herby Mushroom, Soto Goreng, Nasi Goreng Cikur dan saya juga suka Saladnya.

IMG_5950

Posisinya ada di Kompleks Kumala Garden Blok B2 No. 1A, Jalan Mustang, yang mana adalah dekat tol Pasteur. Dari luar tempat ini sudah mencuri perhatian dengan desainnya yang manis. Di bagian atas ada pula Bed & Breakfast yang bisa dipakai untuk menginap kalau-kalau kamu lagi main-main ke Bandung. Kalau ingin melihat betapa cantik desain interior dan pernak pernik di dalamnya, mampir ke Instagramnya aja yuk : @cottonwoodbnb. Oya, surgamakan juga pernah menulis soal Cottonwood secara khusus di sini.

4. Bandung rasa Lebuh Muntri, Georgetown – Coffee and John

Lebuh Muntri adalah salah satu ruas jalan di Georgetown, Penang yang kaya akan tempat-tempat ngopi asik. Salah satu yang saya suka, namanya Moon Tree (dibacanya ya Muntri juga kan, hehe). Kalau mau intip, tulisannya ada di sini

Berhubung dulu saya bekerja di sekitaran Jalan Asia Afrika, Coffee and John adalah tempat ngopi yang sering saya datangi di waktu weekday. Saya suka kopinya. Enak dan banyak pilihan. Kalau kamu nggak suka kopi, ada pilihan lain seperti Sea Salt Caramel yang enaaaak sekali rasanya apalagi saat hari panas.

IMG_1009.JPG

 

pic by : thefreakyteppy.com

Duduk di Coffee & John rasanya seperti duduk di coffee shop kecil di area Georgetown, Penang. Banyak pohon, adem dan tidak terasa seperti duduk di pinggir jalan besar walaupun lokasinya ada di Jl. Naripan no 99 yang sebenarnya adalah jalanan ramai

IMG_1052.JPG

pic by thefreakyteppy.com

IMG_1013.JPG

Yes, ada tepat di sebelah Kedai 170 yang makanannya enak-enak itu. Jadi kalau sudah ngemil snack seperti Cireng, Bala-bala, dan lain-lain di Coffee and John kemudian masih lapar, bisa banget kamu pesan makanan berat di Kedai 170

5. Ngopi dengan kearifan lokal di Imah Babaturan

Kalau kamu seperti saya yang suka banget sama cemilan-cemilan tradisional seperti Bala-bala, Ubi Goreng/rebus, Singkong Goreng dll, maka Imah Babaturan adalah tempat ngopi yang akan bikin kamu tersenyum.

Di tempat sederhana yang hangat, Imah Babaturan menyajikan banyak makanan tradisional. Selain cemilan yang sudah saya sebutkan di atas, ada juga Tongseng Kambing (ini kesukaan saya, sumpah), Ketan dengan parutan kelapa, Gule, Bihun Bumbu Kacang dan beberapa menu special saat weekend seperti Cumi Cabe Ijo dan Tulang Jambal Cabe Ijo.

IMG_6896

Kopinya sangat istimewa. So far, ini kopi favorit saya di Bandung. Kalau sempat kesana, cobalah es kopi susu favorit saya. Saking sukanya, saya baru sadar saya tak punya foto es kopinya, selalu habis diminum sebelum saya ingat memotretnya. Setiap kesana saya selalu pesan 2 gelas. Kamu pasti pingin coba kan? Tinggal ke Jl. Kebon Bibit no 3 aja kok. Kalau mau intip dulu tulisannya surgamakan soal Imah Babaturan, silakan baca di sini. Instagram mereka ada di @imahbabaturan.

IMG_6894

IMG_6893

6. Ngopi dengan cemilan ala vegetarian – Fortunate Coffee

Tempatnya manis, khas coffee shop masa kini, dan ada pojok di mana kamu bisa jajan cemilan dan biji kopi

IMG_6381

IMG_6379

Kopinya unik karena tidak menggunakan susu/cream tapi menggunakan susu kedelai/soya. Coba beberapa pilihan kopinya, lumayan banget buat variasi.

img_3896

Saya suka menu makanannya, sesuai yang saya bilang di atas, Fortunate Coffee adalah tempat ngopi yang menyajikan makanan ala vegetarian, non daging. Selain Bala-bala (maklum, SurgaMakan kesukaannya bala-bala, dimana-mana pesennya Bala-bala), ada beberapa pilihan sayuran seperti tumis Asparagus dan Jamur. Saya suka deh ngopi sambil makan tumisan Asparagus. Rasanya less guilty gitu dibanding makan cake ya kan🙂

IMG_6384

Saya pernah juga secara khusus menulis soal Fortunate Coffee, bisa disimak di sini. Kalau penasaran, langsung ke Jl. Kebon Sirih no 21A ya. Fortunate Coffee ini nggak cuma ada di Bandung, ada juga di Pantai Indah Kapuk dan Batam. Instagram-nya bisa dipantau di @fortunatecoffeebandung

7. Ngopi diiringi angin sepoi-sepoi di Mimiti Coffee

Sekarang ini, Mimiti Coffee mungkin bisa dibilang tempat ngopi paling hits dan paling hipster se-Bandung. Ramai di saat weekday dan lebih ramai lagi saat weekend, di mana banyak turis domestik terutama dari Jakarta (kelihatannya ya).

Istimewa karena tempatnya outdoor. Duh kalau duduk sore-sore di sini sungguh menyenangkan. Menyeruput kopi yang sedap, sambil angin sepoi-sepoi. Mimiti Coffee juga instagrammable, bisa banget kamu foto-foto di sini untuk di upload di Instagram nantinya.

IMG_6277.JPG

Kalau kamu tipe yang lebih suka duduk indoor, jangan khawatir, di Mimiti bisa juga kok.

IMG_6784.JPG

Walaupun pilihan minuman (dan makanannya) nggak terlalu banyak, Mimiti Coffee boleh banget jadi pilihan kamu ngopi di pagi hari ataupun sore hari.

IMG_6765.JPG

Lokasinya ada di Jl. Karang Sari No 1. Lebih mudah diakses dari Jalan Setiabudi, kalau dari arah bawah ada di sebelah kiri ya. Akun Instagramnya bisa dikunjungi di @mimiticoffee. Kalau kamu lagi beruntung, kamu bisa juga berpose di depan taxi ala Jepang yang suka diparkir di halaman depannya, lumayan buat postingan di Instagram ya kan?

IMG_6817.JPG

8. Ngopibak di buku dongeng : Warkop Modjok

Warkop Modjok adalah tipe tempat makan yang akan bikin kamu noleh berkali-kali kalau kamu lewat situ. Noleh atau bahkan berhenti ngambil foto. Tampilannya sangat menarik, bagai rumah yang biasa kita lihat di buku dongeng anak-anak

IMG_6868.JPG

Iya, tiap weekend hampir selalu penuh. Saya sih saran pergi kesana pas weekday ya, jadi bisa lebih menikmati suasananya dan juga lebih mudah untuk foto-foto.

Saya suka desain bagian dalam ‘gubuk’nya

IMG_6851.JPG

Kamu tinggal pesen aja mau makan dan minum apa di kasirnya langsung. Dari situ kamu juga bisa melihat baristanya beraksi meracik minuman pesanan kamu.

Di Warkop Modjok, kamu akan menemukan banyak makanan atau cemilan tradisional macam Bala-bala (IYAA BALA BALA LAGI), Cireng, dan lain-lain. Harganya sangat bersahabat, bisa banget buat ngajak teman-teman ngumpul-ngumpul di sini.

Kalau mau liat Instagramnya, ada di @warkopmodjok. Kalau mau langsung kesana, silakan : Jl. Pinus Raya Barat no 73B, Komp Pondok Hijau Indah. Bisa masuk via Sersan Bajuri (Ledeng belok kiri) atau bisa juga dari Gegerkalong.

9. Duduk manis di CUPS Coffee & Kitchen

CUPS adalah pilihan saya untuk duduk manis buka laptop walau kadang bukannya kerja tapi ngelamun. Lokasinya strategis di Jl. Trunjoyo no 25. Ruangannya spacious, luas dan angin berebutan masuk sehingga tanpa AC pun tempat ini cukup adem untuk duduk lama-lama.

IMG_6507.JPG

Minuman favorit saya di sini adalah Apple Tea & Cinnamon. Makanan kesukaan saya Granola + fresh fruit + yoghurt + honey, sekali lagi, less guilty buat nemenin minum kopi. Asiknya lagi, di CUPS ini semua piring/mangkok sajinya cantik-cantik sehingga bikin akun Instagram kamu ikutan cantik.

IMG_6835.JPG

Instagramnya : @cupscoffeeshop. Silakan di follow.

10. Jauh dikit nggak masalah – Noah’s Barn

Kalau saya tak salah ingat, ini adalah coffee shop hispter pertama yang hadir di kota Bandung. Walaupun lokasinya agak minggir di Jl. Garuda no 39, tempat mungil dan hangat ini selalu ramai dikunjungi penggemar kopi. Belakangan mereka kemudian buka juga gerai yang lebih besar menyerupai restoran di Jl. Dayang Sumbi. Tapi saya pribadi lebih suka duduk di tempat lama mereka. Lebih homey dan lebih ‘bandung’ rasanya. Selain ngopi, yang selalu saya pesan setiap kesana adalah Russian Pie nya. Oh enak banget sampai satu rasanya nggak cukup!. Kalau ingin intip menu dan gambaran suasananya, Instagramnya selalu bisa dikunjungi di @noahsbarncoffeenery

IMG_6677

11. Untuk penggemar kopi akut – Two Hands Full

Saya bilang penggemar kopi akut, karena menurut beberapa teman yang memang penggemar kopi akut, Two Hands Full katanya adalah salah satu tempat untuk menemukan kopi terbaik di Bandung. Posisinya ada di Jl. Sukajadi No. 198A. Carinya tak sulit, asal kamu jeli melihat sebuah gedung kecil berwarna cokelat bernuansa batu bata. Tempatnya manis dan ukuran ruangannya pas : tak terlalu besar juga tak terlalu kecil.

Duduk di Two Hands Full Coffee artinya kamu bisa menyaksikan semua pergerakan barista mereka. yes, pantrynya diletakkan di bagian tengah. Pssst, menurut gosip barista di sini good looking semua, pantes aja pantry nya ada di tengah ya🙂. Instagram account nya ada di @thfcoffee. Walau saya tak yakin foto barisnya-nya ada di sana ya.

IMG_6327.JPG

Baru-baru ini, THF membuka tempat barunya di Jl. Ciumbuleuit, saya belum pernah mampir ke sana. Ada yang sudah?

12. Ngopi di atas bukit : Eugene The Goat

Yang istimewa dari Eugene The Goat tentu saja lokasinya. Berlokasi persis di depan lobby hotel The Clover, Jl Awiligar raya II no 2, duduk di Eugene The Goat memang rasanya seperti duduk di atas bukit. Dari situ kamu bisa memandangi Bandung dari kejauhan. Jangan lupa bawa syal kalau berencana duduk sampai malam di sana, dingin soalnya.

IMG_3311.JPG

 

IMG_3309.JPGEugene the Goat adalah saudara kandungnya Blue Doors. Artinya menunya sama,tapi tentu saja dengan suasana yang sama sekali berbeda. Instagramnya bisa dipantau di @thegoat.eugene

Oya, kalau kamu pengen coba yang namanya ‘ngopi di hutan’, ada tulisan khusus soal 3 tempat ngopi di hutan yang pernah sata tulis di sini. Silakan disimak.

Masih ada tempat ngopi yang belum saya tulis di atas? Silakan lho ditambahkan di kolom komen ya

Jadi ngopi di mana kita sore ini?🙂

 

 

33 thoughts on “12 Jawaban Untuk Pertanyaan “Ngopi di Bandung yang Enak di mana ya?”

  1. Bulan lalu ke kozi lab karena liat review ngopi di gudang, dan iya bgt nyari tempatnya sesuatu sekali, sampe sempet kzl kzl sm mas pacar X)

    Tapi pas udh nemu, aku sih iyes deh cozy beneran.

  2. Sepakat banget nihh Blue Doors dipajang di No.1 #toss Btw udah coba Reading Lights di Siliwangi kah? Sama ada satu certified coffee academy ke-2 di Indonesia yg akan segera dibuka di Gerlong. Just wait and see!🙂

    • Ingin sekali ke Reading Lights dari dulu tapi belom-belom aja. Mau ah kesana dan waaaaw menanti banget coffeeshop baru di Gerlong karena kebetulan nggak jauh dari rumah. Thank you infonya🙂

  3. Nice article.. kalau bisa ditambah informasi apakah ada spot wifi.id dari telkom lebih yahud. Karena ngopi dan wifi itu point penting bagi beberapa orang.. mungkin cuma segelintir sih..

    • Hai kebetulan saya nulis sebagian artikel ini sambil duduk di CUPS 6 Sept lalu. Tidak ada yg berubah dari CUPS, di dekat2nya memang ada kedai mie baru rasanya, jadi mungkin dari jauh terlihat ganti jadi warung dengan banyak tenant.

  4. dan saya kira selama ini kopi @N%$^15 udah yang paling enak…. -__-‘

    kayanya ini mah kudu diabsen satu demi satu….

    sementara mah…. di ganjel dulu sama abese susu…. sampe ada kesempatan ke bandung lagihhh….

    #perantaujekarda

  5. Seneng ih liat Noah’s Barn masuk daftar. Waktu main ke Bandung sekitar 2 tahun lalu, niat pake banget ke Noah’s Barn. Kopi enak, baristanya jago bikin latte art lucu2.🙂

Leave a Reply

