Fresh Seafood di Bali : Mancing atau Ke Pasar Kedonganan?

Ada dua cara biar kita bisa dapet ikan yang fresh banget ; mancing atau belanja langsung ke pasar ikan. Berhubung tiap ke pantai di Bali maunya jemur-jemuran malas-malasan doang mana dong sempat memancing ya kan? Jadi pilihannya hanya hal yang kedua ; beli ikan langsung di pasar ikan.

Berita baiknya, pasar ikannya nggak jauh-jauh amat kok, bahkan hanya 15menitan dari bandara (dengan catatan nggak macet dan nggak pake nyasar).

Yang saya maksud adalah Pasar Ikan Kedonganan. Posisinya ada di Desa Kedonganan, tepatnya di ujung jalan setelah kita melewati resto-resto tepi pantai area Jimbaran yang hits di kalangan turis itu lho. Yang makannya agak romantis tepi pantai diiringi pengamen yang bisa aja bawain lagu-lagu romantis kalau kita makannya berduaan. Iya, yang mahal itu maksudnya.

Di Pasar Ikan Kedonganan, tentu saya tak hanya ada Ikan. Ada jenis seafood lain ; Kepiting, Udang (ada segala macam jenis dan ukuran), Cumi-cumi (dari yang seukuran lengan anak TK sampai yang kecil-kecil, segala macam ikan, dan tentu saja all time favorite : kepiting. Highlight dari belanja Kepiting di Pasar Ikan adalah kalau pengen yang ada telornya gampang, tinggal tunjuk aja, pasti ada. Sementara di Bandung saking jarangnya kalo pas nemu kayak nemu harta karun rasanya.

uvvm3109

Tuh ini udangnya. Yang di gambar ini termasuk kecil sih, saya beli Udang Windu yang besar untuk dibakar. Harganya 180rb per kilo, beli 1/2kg aja udah cukup makan bertiga kok.

mfqv1919

fullsizerender2

Yang ini Lobster, sayang saya kelupaan nanya harganya berapa. Lain kali kalau kesana saya tanyain ya.

fullsizerender3

Ini dia Kepitingnya. Dijamin fresh karena capitnya masih gerak-gerak. Hati-hati jarinya kecapit lho. Harganya sekitar 130rb per kilo, dan 1 kg bisa dapet 2 kepiting. Itungannya murah sih karena di resto harganya bisa 130rb per ekor dengan ukuran yang biasa aja.

Mohon dimaafkan karena terlalu excited liat seafood fresh ini Ikan dan Cumi-cuminya lupa kefoto. Selain excited juga sibuk memegangi rok panjang biar ga kena becek. Sebagai catatan, lain kali kalau kesini pake celana pendek aja. Okesip.

Masaknya gampang. Jadi di sekitaran pasar ikan ini banyak warung-warung yang menerima jasa bakar seafood apapun yang kamu beli di pasar. Mereka juga lengkap menyediakan Nasi, Plecing Kangkung dan Sambal Matah.

lwit2851

Itungan harganya saya kurang hafal, tapi buat berdua rata-rata 60 ribu udah sama minum, lumayan banget kan ya. Makannya memang di warung biasa aja gitu sih, tapi pemandangannya tetap pantai kok.

hvdq2498

Nah ini favorit saya banget. Kepiting dibakar! Kalau biasanya Kepiting hanya direbus atau dimasak dengan Saus Padang dll, tapi yang dibakar ini menurut saya terbaik. Rasa dagingnya ga terganggu sama bumbu-bumbu lain dan tangan juga nggak belepotan saus. Pokoknya sedap! Apalagi mengingat harganya cuma 60 ribuan seekor besar, ehe.

wjwp3120

Kalau dibiarin saya bisa makan Kepiting ini sekaligus 5 ekor kali  : )))

nlzd7591

Nah ini, saya bukan penggemar Cumi. Biasanya kalau ada Cumi saya skip aja. Tapi Cumi segar dibakar sampai kering ini enak sekali, nggak ada bau anyir sama sekali, pake perasan jeruk nipis biar makin sedap.

egel3106Ini Udang yang tadi sibuk dibakar. Ukuran dan jenisnya sama lah dengan yang dijual di Warung Ikan Bakar Mami di Uluwatu yang langganan saya itu.

Oh ya, perlu dicatat juga bahwa Warung Made sekitar Pasar Ikan Kedonganan ini Sambal Matahnya enak sekali.

mcpm3153

Iya, dua hari berturut-turut ke Pasar Ikan Kedonganan, dua kali dua kalinya saya duduk di Warung Made, jadi nggak tau apakah warung lain seenak ini nggak sambalnya. Lain kali deh coba 🙂

Makan Seafood sebanyak ini baiknya memang nggak pakai nasi, biar makan seafoodnya bisa lebih banyak. Dan kalau tiap hari makannya gini sih saya nggak keberatan banget makan nggak pake nasi.

Jadi kapan kita ke Pasar Ikan Kedonganan lagi?

One thought on “Fresh Seafood di Bali : Mancing atau Ke Pasar Kedonganan?

Leave a Reply

