11 Es Kopi Susu yang Enak-enak di Bandung

Dalam rekor menulis makanan versi surgamakan.com, kelihatannya tulisan ini adalah tulisan yang paling membutuhkan waktu banyak untuk kemudian (akhirnya) rampung. Sebabnya bukan karena malas, bukan karena sibuk dan bukan karena nggak mau cepat-cepat selesai. Tapi ditinggal tidur siang bentaran aja, yang jualan Es Kopi Susu di Bandung ini nambah lagi nambah lagi. Tulisan udah ampir kelar, eh ada lagi Es Kopi Susu baru yang mesti dicoba. Jadi tunda lagi postingnya. Gitu aja terus sampai lebaran kuda dateng.

Selain itu, yang bikin tulisan ini nggak kelar juga adalah karena beberapa Es Kopi Susu memang enaknya enak banget sehingga saya bolak balik aja beli Es Kopi Susu di situ. Alhasil list nya nggak nambah-nambah.

Dengan mengucapkan puji syukur, akhirnya list Es Kopi Susu Yang Enak-enak di Bandung ini selesai juga sebelum saya kebanyakan minum manis kemudian diabetes.

@buihkopi

Yang pertama kali menarik perhatian saya adalah namanya yang cute dan warna tulisannya yang biru (eh kabarnya kalau Aquarius selalu menggemari warna-warna biru yagasih?). Buih Kopi bisa ditemui di Jl. Guntur No 2, sekitaran Gatsu dekat Hotel Papandayan. Tempatnya cuma berupa kotak kecil aja, kalau mau minum di situ ya minumlah di halamannya, ada beberapa kursi dan meja kok. Bukanya cuma sampe jam 6 sore aja, jangan ke sana malem-malem ya.

VCNDE5752.JPGBelakangan @buihkopi membuka cabang juga di Jl. Trunojoyo No 40, berbarengan sama tempat steak ETC, nah kalau di sini lebih enak buat dipake duduk-duduk, bukanya sampe jam 10 malem pula.

2. @kyotown

Kyotown ini adanya di @ruangputih Jl. Bungur. Dari begitu banya Es Kopi Susu yang saya coba, Es Kopi Kioton buatan @kyotown ini adalah salah satu yang paling enak. Minumnya sambil duduk-duduk manis di terasnya @ruangputih yang manis itu.

UGHE1142.JPEG

3. @sudutkopi.id

Kedai kopi yang kecil dan manis ini mengambil tempat di Jl Nanas No 13. Saya suka tempatnya karena walaupun nggak gede, tapi cukup ajalah buat duduk minum kopi. Duduk di terasnya membuat saya merasa lagi namu ke rumah teman dan kemudian disuguhi Kopi Sudut yang enak ini.

LRG_DSC01938

4. @tygacoffee

Datanglah ke Jl. Badaksinga No 2, dan di halamannya kamu akan menemukan box kuning di mana kamu bisa pesan es kopi susu @tygacoffee di sana. @tygacoffee istimewa karena selain es susu kopi aren yang biasa, mereka punya Kopikat alis Kopi Alpukat. Saya suka karena walaupun Alpukat nya nggak banyak-banyak banget, tapi porsinya pas aja untuk mengimbangi rasa kopinya. Sudah tyga hari ini? 🙂

LXLL6695.JPEG

5. @kopitokodjawa

Yang sudah lama di Bandung, tentu tau Toko Buku Djawa di Braga kan ya. Nah toko buku penuh kenangan ini sekarang bertransformasi menjadi tempat ngopi. Tempatnya instagramable di setiap sudutnya. Selain tempatnya, yang juga istimewa adalah Es Kopi Awan-nya. Saya padahal bukan penggemar cream, tapi es kopi dengan cream di bagian atasnya ini memang istimewa. Kalau kamu lagi ga pengen minum kopi, pesanlah Ice Green Tea Awan, sama-sama enak.

54f00040-ad66-45f0-98d0-e6943d4e42db

(yang satu ini nggak pakai foto karena ada foto dari Vira yang cakep banget.

Sumber : Instagram @viratanka

Kopi Toko Djawa baru saja memperluas ruangannya, jadi yang dulu suka ga kebagian tempat duduk, sekarang kapasitas tam duduknya bertambah plus ada pula toko kecil berisi barang-barang super gemas di bagian belakangnya. Datanglah kala weekday agar tak terlalu ramai.

6. @kozi.coffee 

Rasanya sudah beberapa kali menulis soal Kozi Coffee. Kali ini khusus soal Es Kopi Pisang Susu-nya aja ya. Saya memang nggak makan Pisang tapi Eskosu-nya Kozi ini saya sungguh suka. Kalau kamu penggemar kopi yang rasanya ‘ngepop’ alias nggak kopi-kopi banget, kamu pasti suka Eskosu ini.

LUBKE1415.JPG

7. @noknokkopi

@noknokkopi kayaknya adalah es kpi susu pertama di Bandung yang menyediakan layanan pesan via ojek online. Kalau mau beli langsung, bisa ke Factory Outlet Heritage yang di Jalan Riau. Rasanya tidak terlalu manis kalau dibandingkan sama es kopi susu yang lain. Cocok buat kamu yang lidahnya lebih memilih kopi-kopi pahit.

LTMX4491.JPEG

8. @kopimalaka

Kopi Malaka ini agak jarang terlihat di social media. Tapi rasanya sih enak beneran, makanya kutuli di sini supaya kamu cobain. Belinya di Baker Street yang di Jl. Cimandiri itu. Kalau minumnya sehabis makan Sate Ayu belakang Gedung Sate yang tersohor itu, kayaknya tambah enak deh.

AQQYE2964.JPG

9. @thegrindjoe

Coffee Shop ini terletak di samping Hotel Moxy yang lokasinya di belokan antara Dago dengan Sulanjana itu. Tempatnya kecil aja tapi cukup anget untuk duduk sendirian. Saya suka karena tidak terlalu rame. Latte nya enak, es kopi susunya juga enak.

LRG_DSC09147

10. @kopiatim 

Tempat ngopi yang tergolong baru di Bandung ini punya kesan yang istimewa buat saya pribadi, yaitu karena lokasinya ada di Gg Atim Jl. Jendral Sudirman, tempat saya menghabiskan akhir pekan saat masih kecil dulu. Maka setiap duduk di Kopi Atim, selalu kasuat-suat, kalau kata orang Sunda. Yang pasti selalu betah karena tempatnya homy. Makin betah karena Es Kopi Susunya juga enak

instagram.com/gemarngopi

11. @imahbabaturan 

Kalau boleh jujur, alasan saya akhirnya merampungkan tulisan ini adalah karena AKHIRNYA @imahbabaturan release es latte yang enak-sedap-ga cukup segelas ini setelah ribuan kali mencoba katanya akhirnya menemukan ramuan yang pas. Sekarang bisa dibawa pulang dengan kemasan take away pula. Kamu mesti coba. Saya biasanya minum Es Kopi Susu tradisional dengan susu kentalnya di tempat kemudian bungkus es latte ini untuk di rumah. Ya walaupun pada kenyataannya belum sampe rumah pasti udah abis sih.

IMG_5403.JPG

Advertisements

4 thoughts on “11 Es Kopi Susu yang Enak-enak di Bandung

  1. Edyaaan baca review nya aku merasa ingin pensiun jadi pecinta kopisusu. Yg pernah dicoba cuma kopitoko djawa aja laaah. Sisanya baru tau *jedokin pala ke tembok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s