11 Es Kopi Susu yang Enak-enak di Bandung

Dalam rekor menulis makanan versi surgamakan.com, kelihatannya tulisan ini adalah tulisan yang paling membutuhkan waktu banyak untuk kemudian (akhirnya) rampung. Sebabnya bukan karena malas, bukan karena sibuk dan bukan karena nggak mau cepat-cepat selesai. Tapi ditinggal tidur siang bentaran aja, yang jualan Es Kopi Susu di Bandung ini nambah lagi nambah lagi. Tulisan udah ampir kelar, eh ada lagi Es Kopi Susu baru yang mesti dicoba. Jadi tunda lagi postingnya. Gitu aja terus sampai lebaran kuda dateng.

Selain itu, yang bikin tulisan ini nggak kelar juga adalah karena beberapa Es Kopi Susu memang enaknya enak banget sehingga saya bolak balik aja beli Es Kopi Susu di situ. Alhasil list nya nggak nambah-nambah.

Dengan mengucapkan puji syukur, akhirnya list Es Kopi Susu Yang Enak-enak di Bandung ini selesai juga sebelum saya kebanyakan minum manis kemudian diabetes.

Continue reading

Advertisements

12 Jawaban Untuk Pertanyaan “Ngopi di Bandung yang Enak di mana ya?” – Part II

Walau sudah lama nggak ngupdate surgamakan.com, percayalah kerjaan saya tetap makan-makan dan ngopi-ngopi :))

Belakangan lagi suka ngumpulin bahan untuk tempat ngopi di Bandung. Ya karena pergi ngopi kelihatannya sudah jadi kebiasaan (setidaknya buat saya), dan juga jadi alasan untuk orang-orang datang ke Bandung.

Jadi, please welcome, 12 tempat ngopi di Bandung part II!

1. Yumaju Coffee

Yang follow Instagram saya, pasti memperhatikan kalau saya sering sekali ke Yumaju. Seorang teman bilang “kayak nggak ada tempat ngopi lain yang asik di Bandung aja”. Tapi ada sesuatu yang bikin saya suka sekali ke Yumaju. Tempatnya enak buat kerja berlama-lama, enak juga buat ngobrol sama teman kalau ngobrolnya nggak pake ketawa ngakak keras-keras. Ya maklum, tempatnya nggak besar. Kalau ketawa keras pasti menganggu pengunjung lain.

A284AB3E-B477-4EA9-902D-8FD06FDB4CFB

Saya yakin bukan hanya saya yang suka bolak-balik ke Yumaju. Soalnya saya cukup sering mendapati pengunjung yang sama di sana.

Lalu, minum apa kalau ke Yumaju?

Continue reading

Semuanya Enak di Kiputih Satu

Dulu, setiap kali saya makan di Roti Selai saya selalu berpikir kalau saja tempat ini sedikit lebih besar saya bisa ngajak-ngajak orang makan di sana mencicipi Curry Rice nya yang menurut saya enak banget. Bukan apa-apa, kan nggak semua orang bersedia makan berdesakan di kedai mininya Roti Selai.

Eh kemudian mendengar kabar kalau mereka akan segera pindah ke tempat yang lebih besar, tepatnya di Kiputih Satu. Alamatnya, ya di Jalan Kiputih No 1.

Continue reading

Serasa : Solusi Buat Yang Pengen Makan Salad di Bandung

Ini bukan pertama kali saya makan Salad di @se.rasa, kalau dulu waktu masih ngantor saya suka banget beli untuk di-delivery ke kantor, sekarang mereka sudah punya tempat sendiri.

Yes, dari cuma terima pesanan online dan di-delivery, kemudian punya outlet kecil di Armor Coffee, sekarang Serasa punya tempat sendiri di Ruang Putih, Jl. Bungur no 37. Berhubung di Bandung masih jarang tempat yang punya Salad Bar (yang isinya fresh dan lengkap), saya senang sekali dengan bukanya Serasa di sini.

Ruang Putih sendiri bukan tempat baru buat saya, sejak bertahun-tahun lalu saya sudah mengenal Ruang Putih sebagai salah satu tempat yang menyajikan musik asik. Jadi waktu Serasa buka di sana, rasanya seperti menyatukan dua hal yang saya suka : makanan yang sedap dan tempat yang menyenangkan.

img_1801

Continue reading

3 Tempat Ngopi di Pintu Masuk Taman Hutan Raya, Bandung

Tahura Bandung belakangan punya tambahan pengunjung. Kalau sebelumnya dipenuhi sama keluarga kecil yang bawa anak-anaknya trekking-trekking lucu, atau pesepeda yang tiap weekend berkeliaran di sekitar situ, atau juga para pelari yang mulai bosen lari di jalan kemudian mau mulai menjajal trek lari yang lain. Sekarang ini, selain mereka-mereka di atas itu, ada pengunjung dengan karakter baru di Tahura : para tukang ngopi dan mereka yang seneng cari tempat yang Instagrammable.

Pasalnya, belakangan ini ada 3 coffee shops yang berdiri barengan di pintu masuk Tahura. Ada 1 resto atau cafe juga sih, tapi sampai tulisan ini diturunkan, SurgaMakan.com belum berkesempetan mampir ke situ.

Continue reading