Grasshopper Thai

Asyik! ada tempat makan baru! Makanan Thailand pula, secara di Bandung saya selalu ke Thai Palace atau Suki Time di Trans Studio Mall (yang sebenernya ga Thai Thai amat ya).

Tempatya menyenangkan, area indoornya ber AC dan non smoking. Pas saya kesana kayaknya lagi banyak ibu ibu arisan gitu, weekdays makan siang aja lumayan penuh lho. Dekorasi indoornya agak mirip Pad 28 di area Senopati Jakarta.

Pas liat menunya, senaaaaang deh. Soalnya pilihan menunya banyak, bisa buat makan tengah (pesan porsi family untuk makan bareng), atau bisa juga makan yang seporsi sendiri sendiri). Tadi saya makan ini,

Baby Kailan & Chicken

Jadi menu yang buat sendiri-sendirinya, kurang lebih kayak gini. Tingga pilih aja mau nasi sama apa. Ada Ikan, Ayam, dan semua menu bisa ditambah Sapi, Udang, atau Seafood, tinggal nambah 6-10 ribu. Oya, nasinya ini harganya sekitar 30-38ribu. Yang saya makan ini enak, walau rasanya kurang Thai. masih mirip-mirip Chinese Food. Kalau pengen Thai banget, bisa coba pesen Pad Kraw Thai (semoga namanya ga salah), jadi itu kayak nasi Tim tapi pake banyak daun Kemangi gitu. Enak dan aromanya menggoda.

Setiap ada tempat makan Thai, tentu saja Thai Ice Tea nya harus dicoba. Enak juga :). Tapi yang di Thai Palace juga ga kalah enak kok. (saya sih kok lebih suka yang punya Thai Palace ya)

Thai Ice Tea

Harganya 20 ribu. Meurut saya sih agak sedikit kemahalan ya.

Daaaan yang bikin happy adalah ada ini :

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice, darlings πŸ™‚

Ini juara deh. Walaupun kalau itungannya buat dessert sih buat saya keberatan. Ya abis kan nasi lagi juga isinya ya. Tapi enaaak sekali.

Durian Sticky Rice

Yang ini, Durian Sticky Rice. Ini seasonal sih katanya, ga tiap hari ada. Kalo suka Durian, ini mesti banget dicoba, seriusan. Harganya mirip sama yang Mangga, sekitar 20 ribu sekian gitu.

Sempet pengen coba Salad Mangga, eh tapi lagi sold out katanya. Kalau liat makanan lainnya sih, kayaknya Salad Mangganya enak.

Kalau kesana lagi pengen coba Pineapple Fried Rice nya deh. Sama pesen Salad Mangga, dan pesen Durian Sticky Rice lagi, hehe.

Si Grashopper Thai ini katanya sih bukan resto baru. Jadi sebelum di Bandung, udah ada juga di Alam Sutera dan Karawaci. Katanya sih ada juga di Los Angeles dan Bangkok. Ga tau ya bener engganya.

Katanya dia terima juga buat private party. Cocok juga sih, karena bentuknya rumah, jadi kayak pesta di rumah gitu. Ada halaman kecil kalo mau bawa anak2 main, walaupun ga ada mainannya.

Jadi, yang mau mampir, silakan lho, Jl. Sukaasih No 1 Setiabudi. Itu lho yang belokan Hoka Hoka Bento, tapi karena satu arah, jadi ya masuknya dari Jl. Sukajadi ya.

See you there ? Kapan? Yuk?

 

 

Origin

Jadi sebetulnya sering banget lewat-lewat jalan Sumatera dan lewatin Origin. Dan malah beberapa kali mau mampir kesitu tapi malah meleset ke sebelah-sebelahnya, ya Indieschtaffel, atau Sushi Tei.

Malam itu sih saya niatin banget mau kesana sama Pinonyuu. Untung jadi setelah beberapa kali batal mulu janjiannya.

Bagian depan Origin dipakai jualan makanan organik-organik gitu, ada pula deretan perabotan dapur khas Ikea, menarik deh. Berhubung laper, kita langsung menuju ke tempat makannya di bagian belakang.

Tempatnya cantik. Hanging gardennya khas. Semua area di Origin adalah non smoking area, jadi buat yang pengen makannya sambil ngerokok, ini jelas bukan pilihan tepat πŸ™‚

Origin

Saya pesan Salad, dari beberapa pilihan seperti Turkey Salad, Fruit Salad dl, saya pesan Indonesian Beef Salad (setelah memastikan dressingnya tidak seperti Gado2). Datengnya seperti ini,

Indonesian Beef Salad

Ini Saladnya seriusan enak. Dressingnya agak aneh, pedes-pedes gitu tapi saya suka. Ada campuran mangga dan tomat cherry yang bikin tambah enak. Harganya 25 ribuan, worth it mengingat enaknya πŸ™‚

Dan setiap saya lihat ada Pumpkin Soup ya, saya selalu pesan. Di Origin juga, dan sumpah ga nyesel, itu Pumpkin Soup 15 ribu terenak yang pernah saya makan πŸ™‚

Pumpkin Soup

Memang sih ukuran harga main course nya lumayan mahal, 90-150 ribuan. Berhubung udah kenyang sama Soup dan Saladnya, saya order kentang goreng yang harganya acuma 6 ribuan ajah. Lumayan jadi snack πŸ™‚

The Potatoes πŸ™‚

Baked Potato nya enak, Wedges Potato nya juga enak. Yah harga 6000 mah jangan banyak protes :).

Menunya memang belum banyak, katanya baru mau grand opening Juni mendatang dan bakal ditambah-tambah lagi menunya.

Oya, ini fotonya bagus2 begini bukan saya yang motret lho ya, ini Pinonyuu yang foto πŸ™‚

Sanade

Jadi di satu sore itu ceritanya saya mat-gay alias mati gaya. Kepengen makan tapi entah makan dimana. Β Tiba-tiba teringat satu tempat makan (lumayan) baru di Jalan Sulanjana, Sanade namanya. Namanya bagus, mungkin ada artinya ya.

Restoran ini nggak lebar tapi panjangggg ke dalam. Jadi kursi kursi juga berjejer ke belakang. Tempatnya bagus, cantik. Untuk makan formal ada kursi+meja makan biasa, untuk kongkow-kongkow ada sofa2 empuk, dan buat makan banyakan ada meja makan besar di bagian belakang.

Menunya cukup banyak. Emm, ralat, banyak banget. Dan cakupannya luas banget. Dari Steak yang lokal dan import, sampe Makanan Indonesia, Sop Buntut, Ayam Taliwang dll. Ada pula Makanan Jepang, Ramen, Bento, dll sampe aneka Pancake dan Waffles.

Hari itu berhubung makan sendiri, menu yang saya pesan nggak banyak,

Cocktail Salad

Ini Cocktail Salad, ada Jagung Manis, Bawang Bombay, Wortel, Apel, Nanas, dan dressingnya Thousand Island. Dibilang nggak enak juga engga, tapi rasanya terlalu tajem, saya rasa dressing nya kebanyakan, dan Wortel nya terlalu lembek, kelamaan rebusnya deh. Harganya ga jauh-jauh dari 20 ribu. Porsinya cukup banyak, bisa dimakan berdua atau bertiga.

Crispy Mushroom

Yang ini namanya Crispy Mushroom nya. Crispy nya juara banget deh, ga pake air atau minyak beleberan. Harganya 18 ribuan aja, dapet 1 mangkok besar. Disajikan bersama saus tartar.

Minuman di Sanade, lumayan beragam. Saya pesan ini,

Mojito Grande

Namanya Mojito Grande, rasanya enak segar, ada Lychee, Strawberry, Lemon dan Daun Mint. Harganya Rp. 22.500 an. Kalau saya kesana lagi, mau coba Beer Tea. Katanya campuran teh dengan secret ingredients, walaupun judulnya beer tapi katanya non alcohol. Pake Bintang Zero kali ya πŸ˜›

Well, melihat tempat dan variasi makanannya, Sanade ini bisa banget dipake kumpul-kumpul berbanyakan. Lokasinya juga bersahabat, gampang dicari. Di Jalan Sulanjana-Bandung, ga mungkin nyasar kan ? πŸ™‚

Jadi, ketemu disana kita ?

Prefere 72

Rasanya saya memang pernah posting soal Prefere 72 ya ? Lupa. Tapi postingan yang satu ini dibuat dari kunjungan saya baru-baru ini, setelah mereka renovasi (lumayan) besar.

Ada beberapa yang berubah, salah satunya playground yang tadinya ada di depan, yang ada tempat mandi bolanya itu lho. Β Sekarang Prefere ‘hanya’ menempati bagian belakang aja dari Jl. Dago 72 itu. Yang sebelumnya area playground, pantry, dan mini library nya sekarang jadi butik pakaian muslim dan toko kecil berisi perlengkapan accesories khas motor besar.

Saya malah lebih suka Prefere yang sekarang, lebih hangat dan ga terlalu besar kemana-mana tempatnya.

Makanannya juga ada perubahan walau ga terlalu drastis. Harga juga masih terjangkau mengingat posisi di Jalan Dago dan tempat yang nyaman.

Kesukaan saya tentu masih ada,

Thai Salad

Di menu baru, namanya Beef Salad. Di menu yang lama, namanya Thai Salad. Isinya sama aja, ada potongan Beef, Bawang Bombay, Paprika, Selada. Zucchini, dll. Harganya 20ribuan, saya suka banget.

Berhubung hari itu bukan acara maka berat, maka menu2 snack ini yang saya order

Fried Mushroom

Onion Ring

Fried Mushroom nya agak mengecewakan, terlalu besar potongan Jamur nya, jadi kurang kering malah terlanjur basah di dalamnya. Dan adonan tepungnya terlalu biasa, kurang crunchy gitu, Onion Ring nya lumayan, cukup kering, enak. Harganya kisaran 15 ribuan deh.

Yang ini, hampir selalu saya pesan setiap kesana, Broccoli Soup. Prefere punya alah lebih enak dibanding The Strudels punya, harganya 20 ribuan. Yang bikin enak adalah Brokoli nya pas, nggak terlalu hancur tapi nggak terlalu utuh juga, pas banget.

Broccoli Soup

Saya udah bilang kan ya, Prefere baru aja beres renovasi. Sekarang semuanya ada di belakang, tempat duduknya jadi satu sama mini library nya. Ga seluas dulu, tapi malah jadi hangat kok, enak. Dan kalo mau baca buku nggak harus bolak balik karena bukunya disitu semua. Bukunya umum juga kok, ada komik, majalah, dll. Diatas ini, ada 1 lantai lagi tapi tanpa rak buku, hanya kursi dan beberapa sofa aja.

Mini Library

Dari tempat kita duduk sambil baca buku, ini adalah kebun di sampingnya. Yang bawa anak kecil, bisa sambil main-main kalo pas nggak ujan. Dan kalau perlu panggung untuk live music gitu, di kebun ini ada panggung yang bisa dipakai, seru deh.

Sushi Tei

Saya nggak terlalu suka makan Sushi. Agak aneh memang, secara saya suka hampir segala jenis makanan. Bukannya ga bisa makan banget juga sih, tapi memang nggak terlalu bisa menikmati. Tapi saya suka makan ke Sushi Tei. Terutama duduk di Sushi Bar nya, suasananya menyenangkan meskipun menurut saya mereka terlalu banyak orangnya, jadi kadang berasa belibet gitu.

Jadi, kalau ke Sushi Tei biasanya saya makan ini ;

Wakame Salad

Namanya Wakame Salad, isinya sudah tentu Rumput Laut, meskipun bukan cuma itu sih isinya. Ada beberapa sayuran segar lain seperti Lettuce, Zucchini, dan lain-lain. Dressingnya enak, entah apa, tapi rasanya asem asem seger gitu deh.

Gyoza

Yang namanya Gyoza memang harus dicoba dimana-mana. Sebelumnya saya paling suka Gyoza di Ajisen Ramen – Mall Taman Anggrek, ada 2 pilihan disana, deep fried atau yang digoreng diatas pan panas dengan sedikit minyak. Di Sushi Tei, cuma ada 1 pilihan tapi kebetulan yang saya suka πŸ™‚

Toriyaki

Yang satu ini namanya Toriyaki. Intinya Daging Ayam yang dipanggang, ada selipan Bawang Daun. Kalo di warung steak kali namanya Schaslick ya πŸ™‚

Fried Salmon Skin

Ini menu yang cukup populer di Sushi Tei. Hampir di setiap meja kayaknya order ini deh. Kulit Ikan Salmon yang digoreng kering banget. Katanya enak, tapi saya sendiri nggak terlalu suka, karena memang ga terlalu suka Salmon. Tapi must try sih, siapa tau kamu suka πŸ™‚

Beef Curry

Selama di Bandung, Beef Curry-nya Sushi Tei deh yang paling ‘bener’. Rasanya pas banget, kekentalan Curry nya juga pas banget, ya sebanding sama harganya kali ya. Saya suka paduan rasa dengan bumbu Cabe Kering nya.

Nah, di Bandung sekarang ada 2 Sushi Tei. Selain di Jalan Sumatera yang sealu penuh sampe waiting list itu, Sushi Tei sekarang buka di Flamboyant jalan Sukajadi itu. Tempatnya lebih sederhana, tapi kelebihannya ada ruang-ruang private yang bisa dipake kalo kita mau kumpul-kumpul banyakan dan butuh suasana terpisah dengan tamu lain.

Jadi? Ketemu di Sushi Tei ?

Wazabee – Tokyo Spices

Kali ini kita makan Japanese Food. Berhubung saya nggak terlalu suka Sushi, jadi kita mampir ke tempat yang sebetulna udah cukup lama dilewat-lewatin, diintip-intipin, tapi belum juga dimampirin. Tadinya khawatir, kirain jualannya Sushi doang, ternyata pilihan makanannya lumayan banyak.

Namanya Wazabee – Tokyo Spices, katanya. Mudah ditemui, kalau kebetulan ebrada di sekitaran Jalan Riau dan menemukan Factory Outlet CLOVER, nah Wazabee ini ada di halamannya

The Heartbreaker

Ini menu yang wajib dipesan kalau mampir ke Wazabee. Namanya The Hearbreaker. Itu Cabe Jalapeno (kalo di Bandung disebut Cabe Gendot), diisi campuran Tuna dan Ayam), lalu digoreng kering pake tepung. Enak, seenak-enaknya. a must try!

Beef Saikoro

Beef Saikoro ini disajikan pake Nasi, sedikit Salad dan Miso Shiru Soup. Rasanya enak, potongan dagingnya lebih tebal daripada Teriyaki dan Yakiniku. Paduan bumbu, nasi, daging dan saladnya, nyammmm!!!

Rice Bowl

Rice Bowl nya Wazabee juga jadi menu andalannya, ada yang Chicken / Beef Teriyaki atau Yakiniku, ada juga lain2nya. Disajikan sama salad, enak banget, dan harganya masuk akal, kira2 25ribuan.

Oiya lupa, for a start, Green Salad ini boleh dicoba, enak, asem-asem seger gitu. Harganya bersahabat, cuma 10ribuan.

Green Salad

Cari pencuci mulut yang ngga ngebosenin? Fruit Yoghurt ini boleh banget jadi pilihan. Yoghurt Plain, dengan topping buah segar ; Strawberry, Jeruk, Mangga Muda, dan Melon. Kalau ngga tahan asam, jangan coba makan Mangga Mudanya :D.

Fruit Yoghurt

Well, pokoknya makan di Wazabee senang hati deh, Apalagi pas bulan puasa kemaren ada diskon 30% untuk semua makanan dan minuman. Tempatnya enak, dan strategis. Saya jatuh cinta sama kursi-kursi dan nuansa hijaunya.

Buat yang suka sushi, boleh juga cobain Sushi nya Wazabee, pilihannya banyak bener, lengkap sampe ada Handroll pula.

Yang berminat kesana, boleh follow twitternya di @wazabee_cafe. Siapa tau ada kabar2 diskon lagi yaa πŸ™‚

The Taste of Hawai : Aloha Aina

Aloha Aina

Sekali waktu kepingin makan sesuatu yang berbeda, coba deh mampir ke Aloha Aina. Makanan khas Hawai, katanya. Setau saya, yang khusus jualan makanan Hawai di Bandung ya cuma satu ini. Posisinya gampang dicari, sebrang Dukomsel jalan Dago tapi bukan di jalan Dago nya, melainkan di jalan Diponegoro, arah mau ke The Cellar dan Gedung Sate. Carinya gampang kok.

Tempatnya kecil, tapi hangat. Saya sih langsung suka. Dapurnya ditempatkan di tengah restoran, jadi kita bisa liat sang koki masak. Kebersihannya jadi extra dijaga pastinya.

Melihat cerita yang tercantum di menu nya, sang koki rupanya pernah menetap di Hawai. Katanya makanan Hawai itu pengaruhnya banyak, ya asiam Jepang khususnya.

For a start, saya pesen ini :

salad

Salad nya enak banget, berasa seger. Mungkin pengaruh piringnya juga. Disajikan di dalam nanas yang dipotong setengah.

Satu lagi yang istimewa, Soup of The Day nya beneran Soup of the Day, bukan dimasak lalu ditaruh di panci, tapi mendadak dimasak. Bahannya, apa aja yang ada saat itu. Hari ini saya makan soup labu dan wortel. Rasanya unik, ada manis-manis nya. Kalo nggak salah waktu itu ada campuran apel juga.

Soup

Nah makanan utamanya saya pesen burger ini. Rasanya enak meskipun nggak istimewa sekali.

Lazy Burger

Nah ga tau juga namanya kenapa Lazy Burger, yang jelas yang bikin pasti ga lazy. ga seperti burger biasa yang isinya daging cincang, yang satu ini daging cincang nya lebih berasa, lebih gurih dan kayak ada potongan sayur meskipun sedikit sekali.

Harganya lumayan bersahabat sih, boleh dicoba kok πŸ™‚