15

Roti Selai : Tempat Mungil Di Dago

Dalam seminggu kemarin sudah 2 kali saya bolak balik ke Roti Selai. Doyan banget Bu? Jawabannya iya, dan di kunjungan pertama saya belum dapet apa yang saya mau. Jadi ya balik lagi kesana:)

Roti Selai adalah tempat makan baru di sekitaran Dago. Yang jadi ciri khasnya adalah tempatnya yang kecil mungil. Tapi di dalam tempatnya yang mungil itu, ada makanan yang enak-enak dan nggak biasa. Kok nggak biasa?

Gini

Continue reading

12

Mengenang Minang : Dari Lidah Turun ke Hati

Merayakan hari pertama puasa dengan postingan lanjutan dari Minang kemarin ah. Kalau kemarin udah sempat cerita sedapnya ketan-ketan dengan Pokat alias Alpukat dan Sarikayo, kali ini saya mau cerita nikmatnya makan Lamang Ketan alias, well, ketan ketan di Pical Sikai yang ada di Bukit Tinggi. Persisnya di mana?

Google aja, tempatnya kecil tapi terkenal banget kok.

IMG_4144

Sampai di Pical Sikai, yang pertama dipesan tentu Pical nya dulu lah ya. Sebagai penggemar Pecel Madura, saya sungguh penasaran pengen coba Pecel Padang yang disebut Pical ini. Bumbunya bisa dibilang sama persis, tapi sayuran di dalamnya yang sedikit beda. Di Padang, sayuran dalam Pecel ada Jantung Pisang dan Rebung. Sayuran lainnya sama sih, ga terlalu beda sama Pecel yang biasa kita temui di Jawa.

Pical ini dimakan bareng sama Keripik Singkong. Ini yang berbeda ya, karena di Bandung biasanya Keripik Singkong dimakan terpisah sebagai camilan. Keripik Singkongnya kering kriuk dan ga bau minyak, pasti digoreng dengan SunCo si minyak goreng yang baik itu deh.

Di tempat yang sama saya ‘kenalan’ juga dengan yang namanya Lontong Sayur khas Padang. Yang satu ini sih nggak terlalu beda dengan yang biasa kita temui di Jakarta atau di Bandung. Persamaannya : sama-sama enak:)

IMG_4157

Sambil makan kami memang intip-intip panci-panci yang ada di meja. Serunya makan di Pical Sikai adalah makanan ada di meja persis depan kita. Bikin tambah selera dan bikin mau tambah apa-apa jadi mudah.

Panci pertama isinya bumbu kacang Pical. Panci kedua isinya sayur kuah untuk Lontong Sayur. Lalu apa isi panci ketiga?

Nah ini dia.

Continue reading

7

Berburu Rendang ke Ranah Minang

Minggu lalu SurgaMakan.com mendapatkan undangan istimewa dari SunCo, iya – minyak goreng yang baik – itu untuk berkunjung ke Sumatera Barat dalam rangka mencicipi makanan-makanan di sana. Undangan yang sulit ditolak tentunya karena : saya belum pernah ke Sumatera Barat, dan saya penggemar Masakan Padang. Eh, Masakan Minang.

Maka hari itu sekitar jam 9 pagi kami – saya dan beberapa rekan blogger dan media tiba di Bandara Udara Internasional Minangkabau dan dengan tak sabar lompat ke bis untuk menuju tempat perhentian pertama. Eh tapi ternyata di bis aja udah ada penganan-penganan khas Minang yang menyambut. Ada Pinukuik (asal katanya dari Pancake, dan bentukan plus rasanya mirip Kue Apem), Sala Lauak (mirip perkedel jagung tapi bentuknya bulat), dan Lamang Baluo (yang kalau di pesta adat Batak saya kenal dengan nama Lapet. Bentuknya aja yang beda).

Continue reading

7

3 Tempat Ngopi di Pintu Masuk Taman Hutan Raya, Bandung

Tahura Bandung belakangan punya tambahan pengunjung. Kalau sebelumnya dipenuhi sama keluarga kecil yang bawa anak-anaknya trekking-trekking lucu, atau pesepeda yang tiap weekend berkeliaran di sekitar situ, atau juga para pelari yang mulai bosen lari di jalan kemudian mau mulai menjajal trek lari yang lain. Sekarang ini, selain mereka-mereka di atas itu, ada pengunjung dengan karakter baru di Tahura : para tukang ngopi dan mereka yang seneng cari tempat yang Instagrammable.

Pasalnya, belakangan ini ada 3 coffee shops yang berdiri barengan di pintu masuk Tahura. Ada 1 resto atau cafe juga sih, tapi sampai tulisan ini diturunkan, SurgaMakan.com belum berkesempetan mampir ke situ.

Continue reading

3

Ngopi asik di tengah sepinya Ubud : Seniman Coffee

Ngopi adalah salah satu kegiatan yang agak sulit dihindari waktu kita jalan-jalan. PadahalĀ  saya pribadi bukan penggemar berat kopi. Kalau ada pilihan teh yang menarik, saya akan pilih teh. Dan kalau nggak ada, Latte yang ringan-ringan selalu jadi pilihan saya.

Di Bali ada beberapa tempat ‘ngopi’ favorit. Diberi tanda kutip karena toh tujuan utama saya kadang-kadang hanya duduk duduk menghabiskan waktu dan bukan ngopi dengan syahdu. Tempat ngopi yang menurut saya asik antara lain Revolver, Sisterfields, Biku, Mantra, Little Prince, Coffee Library, dan yang baru-baru ini saya kunjungi adalah Seniman Coffee di Jl. Sriwedari, Ubud.

IMG_9951

Continue reading

3

Wild Grass Resto : Makan Enak & Foto-foto Sampe Kenyang!

Wild Grass Resto adalah tempat makan yang tergolong baru di Bandung tapi kemudian udah langsung dipenuhi sama pecinta makanan enak di Bandung, plus juga mereka yang suka foto-foto. Alasannya jelas, selain makanannya enak, Wild Grass ini juga asik buat foto-foto. Interiornya cakep dan barang-barang dekorasinya juga cantik-cantik.

Saya suka duduk di bagian depan Wild Grass Resto karena…..

Continue reading